Sabtu, 16 Februari 2013

Kabupaten Pelalawan


Sebagai daerah kabupaten terdekat dengan Ibu Kota Provinsi, Pelalawan menjadi semakin dikenal dengan posisinya yang strategis di jalur lintas Sumatera, kesibukan aktifitas ekonomi, dan kesuburan daerah pertaniannya. Sebagian besar aktifitas ekonomi Kabupaten Pelalawan didukung oleh sektor perkebunan Kelapa Sawit dan industri pengolahan kertas.
Secara geografis, Kabupaten Pelalawan meliputi wilayah teritorial dengan luas 12.404,14 km², terletak pada 1°25´ LU, 0 °20´ LS dan antara 100°42´ BThingga 103°28´ BB dan berbatas dengan daerah sebagai berikut:
Utara : Kabupaten Siak dan Bengkalis
Selatan : Kabupaten Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan Kuantan Singingi
Barat : Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar
Timur : Kabupaten Karimun dan Pulau Riau
Kabupaten Pelalawan tersebar disepanjang Sungai Kampar bagian hilir dengan karakter wilayah dataran rendah, termasuk pulau endapan yang terdapat di Kecamatan Kuala Kampar, dengan rasio ketinggian kurang dari 200 meter diatas permukaan laut. Daratannya dibelah oleh sungai besar; Sungai Kampar yang bermuara ke Selat Malaka, yang mana sungai tersebut dapat berfungsi sebagai sarana perhubungan, irigasi, dan sumber air minum. Pada beberapa tempat, daratannya dengan kondisi berbukit dan bergelombang terdiri dari orgonosal, yaitu jenis tanah yang mengandung bahan organik. Kabupaten Pelalawan memiliki iklim tropis dengan suhu berkisar antara 22° C sampai 32° C dan kelembaban udara dengan rata-rata 80-88% dan curah hujan rata-rata 2.598 m²/tahun.
Kabupaten Pelalawan dengan Ibu Kota Pangkalan Kerinci dibagi menjadi 12 daerah Kecamatan, 106 Desa dan 13 daerah Kelurahan.
Berdasarkan data statistik terbaru, populasi penduduk Kabupaten Pelalawan berjumlah 253.308 jiwa dengan rata-rata kepadatan penduduk 20,42 jiwa/km² yang terdiri dari masyarakat Pesisir, Petalangan dan pendatang dari daerah lain. Penduduk Kabupaten Pelalawan sebagian besar (65%) bekerja disektor pertanian dan 35% bekerja diberbagai bidang pekerjaan, seperti Pegawai Negeri, perdagangan, buruh dan lain-lain.
Sebagaimana daerah-daerah lainnya, Kabupaten Pelalawan merupakan salah satu daerah pertumbuhan ekonomi yang tergolong cepat. Dalam rangka mengakomodir lajunya pertumbuhan disegala sektor, maka Pemerintah Kabupaten Pelalawan secara berkesinambungan melakukan pembangunan dibidang fasilitas dan infrastruktur.

Sumber : http://diskominfo-pde.riau.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=126&Itemid=115

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news


Blogroll

About